Saturday, April 21, 2012

Makanan Korea yang harus dimakan


Ketika saya mendatangin facebook fanpage Korea Tourism Organization Indonesia demi mencari info tentang tempat wisata di Korea Selatan. Ternyata ada kontes / kuis berjudul Touch Korea Tour. Lumayan sekali jalan-jalan ke Korea Selatan secara gratis bersama 2PM dan MissA. Apalagi pertanyaan yang diberikan adalah:
Daftarkan 3 makanan Korea ingin dicoba dengan alasannya
Makanan,,
Kebetulan sekali aku memang suka wista kuliner. Mencoba makanan baru yang khas dari sebuah tempat atau sebuah negara menjadi sebuah tantangan buatku. Apalagi beberapa nama makanan sudah sangat familiar di telingaku keinginan untuk mencoba makanan asli korea itu semakin tidak terbendung.
Sayangnya saya harus hati-hati karna tidak semua makanan bisa saya makan. Dan juga beberapa makanan memang sudah sering saya coba karna di negara kita sudah banyak restauran yang menyajikan makanan dari negeri gingseng itu. ketiga makanan yang belum pernah saya makan dan hanya ada di Korea adalah:



1. Samgyetang 

Adalah makanan terbuat dari ayam yang direbus bersama dengan beras, gingseng dan kurma asli korea. Samgyetang di sajikan dengan taburan daun bawang diatasnya. Makanan yang terlihat sangat sederhana ternyata memiliki manfaat yang sangat besar seperti penambah energi dan menjaga kesehatan tubuh.
Aku kurang tau, apakah Korea Tourism Organization Indonesia pernah mempromosikan makanan ini atau belum. Tapi makanan ini sangat dikenal oleh pecinta drama korea atau Hallyu seperti saya karna itu kalau program touch korea tour mengadakan tur mencari tahu tentang makanan asli korea mestinya memasukan nama makanan ini sama seperti aku sekarang, karna Samgyetang sangat cocok sebagai contoh makanan asli korea. Ini karena hampir seluruh bahan dalam pembuatan Samgyetang hanya ada di negara tersebut. Rasanya lebih enak kalau makan Samgyetang langsung di negaranya. Lebih fresh rasanya.
Alasan saya memilih Samgyetang selain karna makanan ini terkenal, makanan ini baik untuk kesehatan, dan makanan ini sangat mewakili negara Korea selatan adalah murah dan halal. Harga samgyetang sebenarnya sama dengan makanan lainnya *sepertinya* tapi porsi makanan yang menurutku lumayan banyak *1 ekor ayam* mestinya membuat kita kenyang cukup lama. Kalau kamu travel bareng temen-temen bisa beli 1 porsi untuk berdua, hemat kan.
Karna saya seorang muslim harus mencari makanan yang halal dan samgyetang dijamin 90% halal, karna cara masaknya hanya seekor ayam yang direbus bersama gingseng, beras, dan kurma asli korea. Tidak ada campuran atau bumbu rahasia di dalamnya yang membuat aku ragu untuk memakannya.

2. Nengmyeon


Nengmyeon ada mie khas korea yang disajikan dingin. Makanan ini mengingatkan saya dengan mie soba karna sama-sama disajikan dingin.Bedanya dengan soba adalah Nengmyon lebih berkuah daripada soba. Unik kan, makan mie kuah tapi kuahnya dingin ber-es rasanya kayak apa coba. Karna rasa penasaran ini aku putuskan akan mencari nengmyon kalau aku berhasil menjejakan kaki di Korea Selatan. Alasan selanjutnya karna makanan ini ASLI Korea. Bukan hanya Korea Selatan bahkan Korea Utara juga bisa ditemui makanan ini. Jadi kalau kita makan nengmyeon sama saja kita merasakan enaknya makanan Korea Selatan DAN Korea Utara.

3. Street Food


Street Food atau Jajanan Pasar adalah target ke 3 sebagai makanan yang akan diburu / dimakan ketika saya berada diKorea Selatan.
Kalau kita datang ke suatu negara katanya harus nyobain makanan yang disukai oleh warga lokalnya dan jajanan-jajanan pasar sangat menggambarkan itu semua. Street Food juga bersahabat dengan backpacer traveler karna harganya yang murah dan jenisnya yang beraneka ragam.

Itulah ketiga makanan yang akan diburu ketika berada di Korea Selatan. Sayangnya tidak semua makanan khas Korea Selatan bisa dimakan olehku. Karna alasan agama aku harus menghindari makanan seperti Jajangmyeon, Samgyupsal, dan jajanan pasar seperti Sondae.



(atas kiri ke kanan: samgyupsal dan sondae
bawah: jajangmyeon)

Padahal ketiga makanan tersebut sangat terkenal bagi pecinta Hallyu dan kabarnya rasanya sangat enak. Bahkan Nickhun 2pm memilih Samgyupsal sebagai makanan Korea favoritnya. Namun sayang makanan itu harus dihindari karna Samgyupsal adalah daging babi bakar yang dimakan bersama, geugjang, sayur dan nasi. Begitu juga dengan Jajangmyeon, walaupun sangat sering mendengar namanya saya tetap tidak bisa memakannya. Makanan khas untuk Black Day (14 April) adalah mie yang disiram kuah kacang hitam dengan daging babi didalamnya. Kalau jajanan pasar yang pastinya harus dihindari bagi turis muslim adalah Sondae karna terbuat dari daging yang sama dengan dua makanan sebelumnya.

Dan selesai sudah 3 makanan yang akan dimakan dan juga akan saya hindari kalau saya di Korea Selatan. Ini terlihat kalau Korea Selatan juga memiliki keaneka ragaman dalam kuliner.

1 comments:

Anonymous said...

Jjajangmyeon, awalnya saya pikir hanya mie khas korea saja. Tapi ternyata ada daging babinya juga yang ga bsa dikonsumsi Muslim. postingaannya bgus :) . Rasanya jdi pengen k Korea jg ^_^

Post a Comment

 
;